Tips Menata Ruangan

Hunian Tertata Rapi Bukanlah Impian Belaka, Ikuti Tips Menata Ruangan Berikut ini!

Memiliki hunian yang nyaman untuk ditinggali bersama keluarga dan dapat menghabiskan waktu bersama dengan rasa bahagia adalah salah satu impian dari terciptanya sebuah hunian yang ideal.  Tak hanya dari model rumah yang sesuai impian, maupun luas lahan yang dimiliki, namun penataan ruangan rumah menjadi salah satu factor terciptanya hunian yang nyaman. Dengan dapat menata hunian dengan baik, hunian akan terasa nyaman. Hunian yang memiliki lahan terbatas pun dapat terlihat lebih luas dan nyaman jika penataan ruangan diatur dengan apik.

Namun tak semua pemilik hunian dapat menata hunian mereka dengan baik. Banyak factor yang mempengaruhinya, misalnya terlalu banyak anggota dengan berbagai macam karakter, memiliki anak usia dini yang memiliki hobi bermain. Namun hal tersebut tidak dapat dijakdikan alasan untuk ruangan dalam hunian tak tertata dengan apik. Berikut beberapa tips menata ruangan agar menjadi hunian yang nyaman untuk keluarga:

1. Meminimalisir Sekat pada Hunian

Memiliki hunian dengan konsep openplan tentu saja menjadi salah satu hal yang dapat membantu menciptakan ruangan yang tertata. Penggunaan sekat pada ruangan akan membuat batasan-batasan pada ruangan, hal ini juga akan membatasi fungsi dari tiap ruangan. Membatasi fungsi ini tenti saja akan menambah barang yang digunakan dalam ruangan tersebut. Apabila memiliki hunian dengan luas ruangan terbatas maka memiliki banyak sekat pada ruangan bukanlah hal yang direkomendasikan. Namun bagi anda yang ingin tetap memberi batasan pada ruangan dapat dilakukan dengan membedakan warna lantai maupun karpet yang digunakan, hal ini akan memberikan batasan secara semu. Misal penggunaan dalan ruang keluarga dan ruang TV.

2. Memilih dan Menata Furnitur dengan Tepat

Memilih furniture merupakan hal yang gampang- gampang susah untuk dilakukan. Banyak yang terjebak dalam pemilihan furniture yang tidat tepat. Misalnya memilih dengan tidak memperhatikan ukuran, fungsi maupun kesesuaian dengan tema hunian yang dimiliki. Sebelum memutuskan untuk memilih furniture yang digunakan sebaiknya difikirkan dengan matang ketiga asppek tersebut. Ukuran furniture menyesuaikan dengan luas ruangan yang ada dengan fungsi yang tepat pun dilihat secara estetis masih terlihat cantik. Selain pemilihan furniture tersebut, penataan adalah hal penting yang harus dilakukan. Penataan ini akan mempengaruhi tampilan visual dari ruangan tersebut. Pun jika penataan yang salah, ruangan malah dapat terlihat lebih sempit.

3. Mengembalikan Barang pada Tempat Semula

Hal kecil yang harus dibiasakan sedari dini adalah mengembalikan barang yang telah kita gunakan kembali ke tempat semula. Ya ini salah satu kebiasaan yang sulit dilakukan. Padahal banyak sekali manfaat jika kita melakukan hal tersebut, yaitu kerapihan rumah akan terjaga, kita menjadi lebih mudah mencari barang yang kita butuhkan juga yang terpenting lainnya adalah, mengurangi konsumerisme. Lha kok bias? Ya barang yang sering kita beli adalah barang yang tidak kita temukan saat kita sedang membutuhkannya, akhirnya solusi tercepat adalah membelinya kembali. Hal ini akan menumpuk barang bukan? Pun menguras kantong dengan hanya membeli barang yang terselip keberadaannya.

4. Merapikan dan Membersihkan Hunian secara Berkala

Memiliki hunian yang bersih dan rapi bukan semata mata dapat terjadi dalam sekejap saja. Hal ini tak bias terlepas dari kebiasaan kita membersihkan hunian secara teratur. Membersihkan secara teratur dan berkala ini selain menjaga kerapihan hunian juga dapat mengurangi beban beberes rumah agar tak terasa berat. Bukan begitu? Semakin jarang hunian dibersihkan, maka akan menumpuk pula kotoran yang ada. Maka sebaiknya membersihkan dan merapikan hunian dilakukan secara teratur dan berkala.

Bagaimana. Ingin mencobanya dirumah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *