dress kondangan ibu hamil

9 Tips Memilih Baju Kondangan Ibu Hamil

Ladies, saat berbadan dua pasti tubuhmu mengalami perubahan yang sangat siginifikan, bukan? Terutama saat memasuki trisemester kedua. Selain perut yang membuncit, wilayah dada, paha, dan lengan pun ikut-ikutan membesar. Nah, dalam kondisi inilah kamu mesti meyiapkan pakaian khusus ibu hamil, terutama saat kondangan ya, Ladies.

Model baju yang enak dan nyaman pasti jadi dambaan setiap ibu hamil. Nah, seperti apa sih tips memilih baju kondangan ibu hamil yang tepat? Berikut ada 9 trik yang bisa kamu pakai dalam memilih baju kondangan ibu hamil. Yuk, dibaca.

Tips Memilih Model Baju Kondangan Ibu Hamil

1. Cari baju yang bahannya adem

baju kondangan ibu hamil simple
Sumber gambar : www.idntimes.com

Ladies, tau ga sih kebanyakan model baju perempuan dibuat dengan bahan kain satin. Sebetulnya bahan itu oke-oke saja dikenakan saat cuaca tak terlalu panas atau saat kamu di ruangan ber-AC.

Namun, kalau kamu sedang berada di tempat yang panas, karakteristik kain ini tidak menyerap keringat dan dan membuat tubuh panas, lho. Apalagi saat pergi ke kondangan deh, panasnya bakal lebih terasa.  Terutama buat kamu yang muslim dan berhijab. Kalau sudah begini, bau tubuhmu jadi tidak enak, bukan?

Nah, baiknya memang kamu pakai model baju yang berbahan katun ya, Ladies. Selain nyaman, ternyata kain katun ini mudah menyerap keringat dan tentunya tetap adem dipakai dalam jangka waktu yang lama. Termasuk saat pergi ke kondangan bersama Si Cinta.

2. Cari baju yang berukuran longgar, jangan terlalu ketat

baju pesta ibu hamil
Sumber gambar : www.pakaianstyle.blogspot.com

Nah, Ladies, kalau baju-baju lamamu sudah tidak muat dipakai karena sedang berbadan dua, jangan dipaksakan untuk dipakai, deh. Meski tujuanmu untuk berhemat, sebenarnya ini tidak akan baik buat kenyamananmu berpakaian, lho. Sudah sempit, sesak lagi.

Kalau kondisi sedang hamil kan maunya enak dan nyaman, bukan? Apalagi untuk pergi ke kondangan, harus senyaman mungkin deh dalam bertemu banyak orang.

Untuk mensiasati hal ini, sebaiknya kamu beli baju baru, ya. Pastikan juga kalau beli baju baru, ukurannya yang longgar, tidak ngepres di tubuh dan nyaman dipakai saat bergerak.

Supaya semakin nyaman, kamu juga harus menyetok celana legging untuk menunjang aktifitasmu, lho. Mau beraktifitas sepanjang hari kan jadi enak. Bertamu ke rumah tetangga ataupun pergi ke kondangan bakal terlihat sopan juga. Nah, nyaman kan kalau sudah begini, Ladies?

3. Pilih baju yang rendanya sedikit

baju kondangan untuk ibu hamil berhijab
Sumber gambar: www.moderhija77.blogspot.com

Biasanya, baju perempuan selalu dilengkapi aksesoris yang unik dan menarik lho, Ladies. Terutama di bagian lengan yang kebanyakan terdapat motif-motif renda.

Nah, sebenarnya motif itu bagus lho buat penampilanmu supaya tidak tampak polos. Tapi terkadang, justru karena renda itulah ibu hamil jadi merasa tidak nyaman. Di bagian renda itu kan jahitannya lebih kasar, jadi bisa menimbulkan efek gatal-gatal.

Nah, kalau mau beli model baju baru, pilihlah model baju yang kainnya lembut dan tidak menimbulkan kemerahan pada kulit. Apalagi untuk ibu hamil, mereka biasanya akan lebih sensitif dengan bahan kain pakaian.

Jangan sampai kulitmu jadi gatal dan iritasi gara-gara salah pilih baju ya, Ladies. Apalagi saat kondangan, bisa bikin salah tingkah deh kalau salah berpakaian.

4. Pilih baju yang warnanya soft, hindari yang warnanya mencolok

model baju pesta ibu hamil berhijab
Sumber gambar: www.dream.co.id

Ladies, pernah ga sih merasa minder karena badan makin membesar dan perut makin membuncit? Apalagi kan bajumu berukuran longgar, makin terlihat gemuk lagi deh penampilanmu.

Nah, karena hal ini, baiknya memang kamu hindari deh memakai baju dengan warna-warna yang mencolok mata. Mending kamu pilih baju yang warnanya netral dan lembut, seperti warna pastel atau warna putih.

Warna-warna itu bisa meningkatkan ke-pede-an ibu hamil lho, Ladies. Karena akan terlihat cantik dan lebih feminim.

Biar tidak terlalu polos, kamu bisa menyematkan beberapa aksesories di baju. Misalnya nih, dengan memakai bross di dada ataupun hijab buat kamu yang muslim. Nah, cantik kan hasilnya? Ke Kondangan pun jadi tambah pede sakarang.

5. Pakai baju atau celana yang ada karetnya

baju pesta ibu hamil berhijab
Sumber gambar : www.pinterest.com

Ladies, kalau bisa kamu hindari deh baju dan celana yang hanya punya resleting dan kancing saja. Baju model begini, bisa bikin kamu sulit bergerak dan terasa sesak, lho. Malah, juga bisa membuat perut jadi tertekan, terutama di bagian pinggang. Jadinya tidak akan terasa nyaman, bukan?

Nah, kamu bisa pilih baju dan celana yang dilengkapi karet lho di bagian pinggang. Karena itu akan memudahkanmu saat mau buang air kecil dan tidak menyiksa saat dipakai duduk di kursi.

Karet juga akan membuat pergerakan ibu hamil jadi lebih nyaman dan fleksibel. Pinggang tidak terasa sakit, punggung belakang pun juga demikian. Hayo, siapa yang tidak mau senyaman ini saat pergi ke kondangan?

6. Pakaian dalam khusus

inspirasi baju kondangan ibu hamil
Sumber gambar: www.mommyasia.id

Nah, seiring membuncitnya ukuran perut, pasti cara berpakaianmu juga harus berubah ya, Ladies. Selain pakaian luar yang dilengkapi karet, kamu juga harus memastikan kenyamanan saat memakai pakaian dalam.

Salah satunya adalah pemakian bra. Kamu jangan ragu deh segera ganti bra jika dirasa bra lama mulai kekecilan. Karena memang, selama masa kehamilan, ukuran payudara akan semakin membesar, lho.

Makanya deh, kamu mesti ganti bra dengan ukuran yang lebih besar, supaya gaya berpakaianmu pun jadi lebih nyaman, terutama saat pergi ke kondangan.

7. Gunakan baju yang ada kancing depan

baju kondangan ibu ibu
Sumber gambar: www.baca.co.id

Biasanya baju perempuan punya kancing yang selalu dibuat di bagian belakang. Hal ini bertujuan supaya kancing baju itu tidak mengganggu penampilanmu ya, Ladies. Jadi bisa kelihatan cantik dan rapi, deh.

Tapi kalau untuk ibu hamil, ini bakal terasa beda, lho. Kalau kancingnya di belakang, itu bakal menyusahkan banget saat memakai ataupun membuka pakaian. Dengan perut yang semakin besar, pergerakan tanganmu akan lebih susah saat di belakang.

Karena itu, sebaiknya kamu pilih baju yang kancingnya ada di bagian depan ya, Ladies. Mengganti pakaian jadi lebih gampang dan tidak menyakitkan, terutama karena gerakanmu yang terbatas. Biar tetap nampak modis, kamu bisa menutupi kancingnya dengan kerudung dan pernak-pernik lain. Wah, jadi semangat pergi ke kondangan, bukan?

8. Hindari baju kondangan berlapis

baju pesta untuk ibu hamil hijab
Sumber gambar: www.idntimes.com

Ladies, memakai outer dalam berpakaian memang bisa terlihat stylish dan cantik, lho. Tapi ingat deh, ibu hamil itu lebih mudah sensitif kulitnya karena gerah dan panas. Makanya, baiknya kamu menghindari pakaian yang berlapis dan bertumpuk saat pergi ke kondangan.

Lebih baik kamu memakai pakaian yang dipakai langsung dan tidak berlapis. Kamu bisa memakai baju yang bahannya adem, seperti sutra dan katun. Sehingga sepanjang hari bisa terasa nyaman dan tidak gerah.

9. Pasca melahirkan

baju pesta ibu hamil muslim terbaru
Sumber gambar: www.pinterest.com

Eits, dedek bayi sudah lahir? Jangan buru-buru menyimpan pakaian kondangan saat hamil dalam gudang ya, Ladies. Karena kamu pasti butuh pakaian kondangan itu setidaknya 2 hingga 3 bulan ke depan.

Karena memang bentuk tubuhmu pasca melahirkan tidak akan langsung kembali normal seperti biasanya. Paling tidak, butuh 4 bulan pasca persalinan lho kamu bisa pakai baju kondangan yang lama.

Nah, itu tadi Ladies, 9 tips dalam memilih baju kondangan untuk ibu hamil. Contohnya banyak tersedia di fasnina.com.

Gimana, menginspirasi bukan? Nah, sekarang yuk segera beli baju favoritmu, biar tidak kehabisan stok. Kamu bisa beli di pasar tradisional, atau kalau mau lebih praktis, kamu bisa mencarinya di olshop favoritmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *