Tips Agar Gampang Memberikan Obat Pada Anak Anda

Jika anak Anda sakit tentu untuk menyembuhkannya adalah dengan memberikannya obat. Tapi, banyak kasus bahwa anak susah untuk diberi makan atau minum obat. Ini yang biasa membuat orang tua khususnya ibu kebingungan dalam menghadapi hal tersebut.

Padahal, pemberian obat tersebut untuk membuat tubuh si anak kembali sehat. Memberi obat secara langsung kepada anak sendiri adalah tantangan tersendiri biasanya kepada orang tua. Apalagi jika anak tersebut sudah bisa berlarian, ini akan lebih sulit lagi dalam memberinya obat.

Rasa obat ini memang sangat tidak sukai oleh anak atau bayi. Memang beberapa obat memiliki rasa manis, tapi tentunya kandungan obat yang ada di dalamnya sedikit terasa aneh di lidah anak Anda.

Nah, di bawah ini adalah beberapa tips kepada orang tua agar gampang atau mudah memberikan obat kepada anak Anda, ketika di sakit.

  1. Posisikan anak Anda dalam keadaan nyaman entah itu berdiri atau duduk. Tapi, arahkan kepalanya ke atas yang setidaknya dengan sudut kemiringan mencapai 45 derajat. Sudut ini akan membuat obat terus tertelan dengan mudah, sehingga anak Anda tidak mudah untuk tersedak, yang pastinya tidak akan disukai oleh anak Anda.
  2. Jenis obat dalam bentuk puyer bisa menjadi alternatif terbaik untuk anak atau bayi Anda. Obat puyer akan lebih memudahkan Anda untuk diberikan kepada anak Anda, karena bentuknya yang cair. Tapi, kebanyakan anak atau bayi akan menolak obat berbentuk puyer tersebut.
  3. Suguhi anak Anda hadiah atau makanan yang mereka sukai jika dia telah selesai meminum obat yang diberikan. Obat memiliki rasa aneh bahkan pahit yang tidak disukai oleh anak-anak. Untuk meredam rasa aneh tersebut, caranya adalah dengan memberikan anak Anda makanan manis seperti, ice cream, permen, atau pudding kesukaannya. Memberikan gift atau hadiah adalah bentuk penghargaan yang membuat anak Anda tentunya senang. Tapi, hal ini jangan terlalu sering Anda lakukan jangan sampai menjadi kebiasaan buruk untuk Anda dan anak sendiri.
  4. Mencampurkan makanan atau minuman dengan obat bisa juga Anda lakukan, agar rasa aneh atau pahit dari obat tersebut bisa ternetralisir di mulut anak Anda.
  5. Dalam kotak atau tempat obat, biasanya telah dipasangkan dengan sendok khusus untuk obat dengan tipe sirup atau puyer. Sebaiknya gunakan sendok ini, karena memang telah sesuai takaran dan ini juga dapat membuat anak Anda lebih mudah untuk meminum obatnya.
  6. Jauhkan jangkauan obat itu dari anak Anda. Jangan biarkan dia sendiri untuk mengkonsumsinya tanpa pengawasan langsung dari Anda.
  7. Berikan obat itu dengan cara bermain dan cara pernah memarahi, membentak, memaksa dengan kasar, atau pun memberi hukuman kepada anak jika tidak ingin meminum obatnya. Ini akan membuat anak Anda tambah malas dalam meminum obat. Tapi jika Anda ingin memaksanya, sebaiknya gunakan dengan cara yang halus, seperti memberinya pujian sebagai pahlawan atau jagoan idolanya jika berhasil meminum obatnya.

Nah, itulah tadi cara mudah memberikan obat pada anak Anda untuk kategori umum. Dan, di bawah ini adalah tips gampang agar anak Anda suka minum obat untuk berbagai tingkat usia anak :

Memberikan Obat untuk Usia Bayi

cutebabyblog.com

Untuk kategori tingkat usia bayi langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan memegang kepalanya, kemudian Anda miringkan pada sudut 45 derajat. Posisinya adalah Anda bisa menggendong, kemudian mendongakkan kepalannya ke atas, tangannya harus tetap berada di bawah.

Gunakan sedotan yang agak panjang yang bisa menampung takaran obat, atau memasukkan obat tersebut ke dalam dot bayi Anda. Teteskan obat tersebut langsung ke lidah bayi Anda, dan jangan sampai masuk di sela-sela pipinya. Untuk menghindari agar obat tersebut tidak masuk di sela-sela pipinya, Anda harus menekan kedua pipinya terlebih dahulu agar rapat dengan lidahnya, dan tetap lakukan dengan perlakuan yang lembut.

Jangan pernah menyemprotkan obat langsung ke mulut bayi Anda. Ini akan membuat bayi Anda memuntahkan kembali obat tersebut karena merasa tersedak. Untuk usia bayi 6 bulan ke atas, pemberian jus setelah meminumkan obat bisa juga Anda lakukan agar rasa pahitnya hilang.

Memberikan Obat untuk Usia Balita dan Anak Prasekolah

shutterstock.com

Jika, anak Anda telah memasuki usia 1 hingga 4 tahun maka pemberian obat ini akan jauh lebih sulit dari sebelumnya. Anak Anda akan lebih sering menolak obat tersebut tentunya. Karena, indera perasa anak-anak usia seperti ini jauh lebih peka dan lebih mudah memberontak ketika diberi obat.

Untuk mengakali hal tersebut, Anda dapat mengurangi rasa pahit dari obat tersebut dengan beberapa cara. Berilah anak Anda sajian makanan atau minuman favorit setelah mereka berhasil meminum obat yang diberikan. Dengan cara ini maka rasa pahit akan dengan mudah untuk hilang atau ternatralisir di mulut anak Anda.

Pemberian obat juga bisa Anda lakukan dengan mencampurkannya ke dalam makanan atau minuman favoritnya seperti pudding misalnya. Tapi, ini harus tetap Anda awasi untuk memastikan bahwa anak Anda akan menghabiskan makanan tersebut.

Jika anak Anda lebih memilih jus, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan melarutkan obat tersebut ke dalam jus yang akan di minum anak Anda. Ini juga harus Anda pastikan bahwa anak Anda menghabiskan minuman jus tersebut.

Perlu diperhatikan untuk Anda, bahwa jangan pernah mencampurkan obat ke dalam susu yang diminum anak Anda. Pasalnya, susu dapat mengurangi penyerapan antibiotik dalam obat sehingga fungsi obat terlalu bermanfaat. Selain itu, Anda juga tidak boleh memberikan susu kepada anak Anda setelah pemberian obat selama kurang lebih 4 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *