reog ponorogo

5 Nama Tarian Adat Indonesia (Paling Populer)

Indonesia terkenal akan kekayaan ragam budayanya yang unik. Selain pakaian daerah, tarian adat indonesia juga sangat populer di kalangan wisatawan dalam negeri dan manca negara. Masing-masing provinsi memiliki kekhasan yang berbeda sesuai dengan karakter yang dimiliki.

Tidak ada yang tahu pasti berapa jumlah tarian daerah yang dipunyai Indonesia. Namun, beberapa turis asing sudah mengenal baik kesenian tersebut karena banyak dipentaskan di acara-acara penting yang diadakan setiap tahunnya. Beberapa seni tari yang cukup populer saat ini diantaranya adalah:

Tari Saman

tari saman

Kesenian daerah ini menampilkan gerakan yang khas dengan diiringi syair berbahasa Gayo. Penarinya harus ganjil dan biasanya lebih dari 10 orang. Tarian ini tidak hanya milik Aceh saja, masyarakat dunia juga mengetahuinya bahkan telah diakui oleh UNESCO.

Tari Saman dijadikan sebagai salah satu media untuk berdakwah. Biasanya dipentaskan saat perayaan hari lahir nabi Muhammada SAW. Pengetahuan yang bisa dipetik dari kesenian ini adalah kekompakan, pendidikan, dan keagamaan.

Tari Jaipong

Keunikan yang dimiliki oleh tarian Jaipong ada pada gerakannya yang energik. Tidak sembarangan orang bisa menguasainya, dibutuhkan latihan khusus. Kostum yang dikenakan sangat unik menggambarkan karakter provinsi Jawa Barat.

Kostum yang dikenakan memiliki warna yang mencolok dengan tatanan rias rambut yang sangat khusus. Selain itu banyak juga keunikan yang disajikan beberapa diantaranya adalah:

  • Musik pengiring

Suasana pementasan semakin meriah karena dukungan dari musik pengiring yang terdiri dari perpaduan gong, gendang, serta nyanyian sinden yang sangat merdu.

  • Gerakan tari

Tidak seperti tarian biasanya yang menyajikan gerakan yang lemah gemulai, jaipong justru menampilkan gerakan energik dan ceria yang membuat penontonnya tidak merasa bosan.

  • Konstum yang cantik

Saat ini penari dapat mengkreasikan kostum yang ingin dikenakan sesuai dengan keinginan. Desainnya unik dan warna yang sering digunakan cukup mencolok seperti merah, kuning, dan hijau.

Tari Barong

Kesenian yang menjadi ciri dari pulau dewata ini menggambarkan pertarungan antara kebaikan dengan kebatilan. Tokoh utama yang berperan dalam tarian tersebut adalah Barong yaitu kostum hewan berkaki empat dan Rangda.

Pertunjukan ini bisa dinikmati oleh wisatawan setiap harinya dengan membayar tiket masuk. Tarian ini menjadi salah satu aset budaya yang sukses menarik kunjungan wisatawan setiap tahunnya baik dari dalam maupun luar negeri.

Tari Kecak

Tarian adat indonesia yang cukup populer di kalangan internasional adalah Tari Kecak. Penarinya adalah sejumlah kaum lelaki yang menggunakan pakaian daerah Bali. Mereka duduk melingkar sambil mengangkat tangan mengucapkan kata “cak” berulang kali.

Kesenian ini dipertunjukkan untuk mengiringi pementasan cerita Ramayana. Spot terbaik untuk menonton pergelaran ini ada di Uluwatu Bali. Jika ingin melihat tarian tersebut, ikuti beberapa tips dibawah ini:

  • Datang sebelum jam 4 sore agar tidak kehabisan tiket
  • Gunakan kain khusus yaitu kain berwarna ungu atau kuning yang sudah disediakan disana
  • Simpan barang-barang berharga untuk menghindari gangguan dari para monyet

Reog Ponorogo

reog ponorogo

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Ponorogo tanpa melihat pertunjukkan reog. Kesenian ini biasa dipentaskan 2 sampai 3 kali pembukaan pada acara khitanan, pernikahan, dan acara besar lainnya.

Penarinya memakai pakaian berwarna hitam yang wajahnya dipoles dengan makeup warna merah. Jumlahnya bisa 6 hingga 8 orang. Gerakan tarian tersebut menggambarkan sosok singa gagah yang sangat pemberani.

Kelima tarian adat indonesia yang disebutkan diatas, harus dilestarikan keberadaannya oleh generasi penerus saat ini. kekhasan yang dimiliki membuat kesenian tersebut cukup populer bahkan sering dipentaskan di beberapa panggung internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *