tari cokek

5 Jenis Tarian Adat Betawi yang (Wajib Anda Ketahui)

DKI Jakarta sebagai ibukota Indonesia dihuni oleh beberapa etnis dari berbagai daerah. Meskipun begitu budaya asli setempat masih terjaga dengan baik salah satunya adalah tarian adat betawi. Peran pemuka adat sangat diperlukan agar generasi saat ini bisa meneruskan warisan berharga tersebut.

Ada banyak jenis kesenian yang kiprahnya mulai terpupus akibat perkembangan teknologi. Sebagai penerus bangsa, kewajiban Anda selain mempelajari juga harus melestarikan. Syukur-syukur jika mau berlatih agar terampil menari sebagai wujud rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa.

Tari Sirih Kuning

tari sirih kuning

Gerakan pada kesenian adat ini menceritakan tentang prosesi pernikahan dimana pihak calon mempelai pria memberikan sirih kuning kepada wanitanya. Pada zaman dulu tarian ini diperankan oleh dua orang penari yang berpasangan, laki-laki dan perempuan.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, pasangan penari tidak diharuskan laki-laki dan perempuan. Budaya ini sering dipentaskan untuk menyambut acara besar seperti khitanan, pernikahan dan lain-lain.

Tarian Zapin

Campuran adat Melayu dan Betawi sangat kental pada kesenian ini. Dulunya, tarian Zapin dibawa oleh saudagar Arab yang berasal dari Melayu untuk menyebarkan dakwah dengan diiringi oleh musik pengiring yang sangat khas.

Gerakan yang disajikan mengandung unsur hiburan serta pendidikan. Jumlah penari bisa disesuaikan dengan acara, bahkan ada yang menggunakan kerudung saat pentas. Akulturasi budaya ini masih terpelihara dengan baik hingga saat ini.

Tari Yapong

Tari ini diciptakan pada tahun 1975 oleh seorang seniman bernama Bagong Kusudiardjo. Pementasan sering dilakukan ketika mendekati hari ulang tahun Jakarta dimana saat itu dinas terkait menyiapkan pergelaran untuk menampilkan budaya Betawi.

Kesenian ini merupakan salah satu yang masih terpelihara dengan baik. Banyak pula yang mengkreasikan gerakan Yapong dengan tarian baru sesuai dengan tema acara. Adapun ciri dari budaya Jakarta yang satu ini adalah:

  • Termasuk tari kontemporer

Tak heran jika banyak inovasi baru yang bermunculan baik dari segi modifikasi gerakan hingga kostum. Tarian modern ini lebih menekankan pada gerakan pinggul dan tangan yang cantik serta dinamis.

  • Menyampaikan pesan kegembiraan

Suasan riang, gembira, dan penuh suka cita berusaha disampaikan penari kepada penontonnya. Karena mudah dikreasikan jadi kesenian ini dapat melebur dengan mudah ke kondisi Jakarta saat ini.

  • Iringan musik

Instrumen yang mengiringi tarian tersebut berasal dari perpaduan alat musik gamelan yang menghasilkan alunan yang sangat indah.

Tari Cokek

tari cokek

Sekilas jika diamati, tarian adat betawi ini mirip dengan tarian cina terutama dari segi kostum. Namun kesenian tersebut sejatinya adalah milik masyarakat Jakarta yang masih terpelihara hingga sekarang. Adapun hal unik yang terdapat pada budaya tersebut adalah:

  • Kostum menggunakan busana khusus yang disebut kebaya cokek
  • Penari menari menggunakan selendang yang akan dikalungkan ke tamu
  • Tamu tidak boleh menolak ajakan penari untuk menari bersama

Tari Topeng

Salah satu budaya Betawi yang sudah populer hingga mancanegara adalah Tari Topeng. Perpaduan seni teater tradisional dan gerakan yang indah menghasilkan sebuah pertunjukan yang memukau. Pergelaran kesenian tersebut biasa diselenggarakan di acara khitanan dan juga pernikahan.

Dari tahun ke tahun perkembangan tarian Topeng mulai meningkat. Jika dulu hanya diadakan di lingkup pemerintahan Jakarta saja, saat ini sudah banyak penari yang mementaskan tarian tersebut di acara internasional untuk memperkenalkan budaya Indonesia.

Kelima tarian adat betawi yang disebutkan diatas hanya sebagian kecil saja. Masih banyak kebudayaan lain yang juga menceritakan kehidupan masyarakat Jakarta sesungguhnya. Semoga generasi penerus saat ini dapat menjaga kelestarian kesenian tersebut agar bisa dinikmati oleh anak cucu di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *