5 Tips Jago Public Speaking dalam Bahasa Inggris

Di dalam dunia sekolah, perkuliahan maupun dunia kerja tentu tidak luput dari materi atau kegiatan yang mengharuskan kita untuk berbicara di depan banyak orang. Tidak semua orang memiliki keberanian untuk menyampaikan materi atau pidato di depan dengan percaya diri. Bahkan, pidato yang menggunakan bahasa Indonesia pun masih banyak orang yang menemui berbagai kendala.

Kendala utama yang biasa terjadi adalah tidak mampu mengalahkan rasa gugup ketika berhadapan dengan banyak orang. Rasa gugup ini bahkan menjadi berlipat ganda ketika yang harus dilakukan adalah pidato bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia saja sudah takut, apalagi menggunakan bahasa Inggris. Kemampuan public speaking yang baik harus dikuasai oleh setiap orang untuk menambah nilai plus dalam persaingan dunia kerja yang semakin ketat.

Bagi kamu yang sedang mempersiapkan pidato bahasa Inggris tetapi masih kurang percaya diri, simak 5 tips berikut ini agar kamu lebih siap berbicara di depan umum atau public speaking :

Kuasai Materi yang Akan Disampaikan

Persiapan yang matang merupakan kunci utama sebelum kamu melakukan public speaking. Bagi orang yang sudah berpengalaman mungkin bisa melakukan public speaking secara spontan tanpa melakukan persiapan terlebih dahulu. Tetapi, bagi kamu yang masih pemula, kamu harus melakukan persiapan dengan maksimal.

Menghafal teks memang penting, tetapi yang lebih penting adalah memahami setiap kalimat atau pesan yang akan disampaikan. Jika kita paham dan menguasai materi, maka kita bisa berbicara tanpa terpaku pada teks yang telah kita hafalkan.

Jangan Malas Berlatih

Latihan yang rutin akan membuat kamu bisa membuat penilaian tersendiri terhadap penampilan kamu sebelum tampil di depan umum. Kamu bisa berlatih di depan cermin untuk meningkatkan kepercayaan diri sekaligus membuat mimik yang sesuai dengan apa yang dibicarakan.

Selain itu, kamu juga bisa berlatih dengan cara merekam apa yang kamu bicarakan lalu memutarnya kembali. Kamu bisa mendengarkan apakah pengucapanmu sudah benar dan menemukan apakah ada kalimat yang perlu diperbaiki.

Kenali Siapa Saja Audiensnya

Saat kamu melakukan pidato di dalam kelas tentu akan lebih mudah karena sudah mengenal siapa saja auidens yang ada. Tetapi, public speaking yang dilakukan di hadapan rekan kerja atau di depan umum tentu memiliki persiapan yang berbeda.

Kamu harus mengetahui kira-kira siapa audiens yang akan hadir. Dengan begitu, kamu bisa melakukan pendekatan yang berbeda menyesuaikan audiens dan lokasi public speaking.

Fokus Pada Pesan yang Akan Disampaikan

Saat melakukan public speaking, kamu harus selalu mengingat apa tujuan dari public speaking yang kamu lakukan. Jangan sampai rasa gugup justru menguasai diri kamu sehingga pesan tidak dapat tersampaikan dengan baik.

Jika kamu gugup, hal ini justru membuka kemungkinan kamu menjadi lupa terhadap pesan yang ingin disampaikan. Bulatkan tekad dan semangat bahwa pesan yang ingin kamu sampaikan dapat mencapai para audiens dengan baik.

Mengikuti Training

Seringkali ada kegiatan training bagi orang-orang yang tertarik memiliki kemampuan public speaking yang baik. Selain training tertentu, kamu juga bisa masuk menjadi anggota komunitas public speaking atau sejenisnya.

Memberikan pidato bahasa Inggris atau bahasa Indonesia memang bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Untuk itu, sudah seharusnya kita mengembangkan kemampuan public speaking sebagai bekal berharga dalam dunia kerja dan masyarakat, yuk saatnya berbenah demi masa depan yang lebih gilang gemilang cemerlang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *