MANFAAT DAN CARA MEMBUAT TEMPE sejarah

Manfaat dan Cara Membuat Tempe yang Enak Super Mantap

Dari semua jenis makanan, pastinya teman-teman tidak asing sama yang namanya tempe. makanan yang sangat sederhana ini hampir pasti bisa ditemukan dimanapun dengan berbagai macam olahan tempe itu sendiri.

Produksi tempe merupakan produksi yang merakyat dan mendarah daging. mulai dari anak-anak, remaja orang tua baik laki-laki maupun perempuan mengetahui apa itu tempe. Tempe sudah menjadi makanan yang mendunia.

Dibalik boomingnya tempe, tahukah teman-teman Bosmeal.com bagaimana sejarah dan pembuatan tempe itu sendiri?

Sejarah Munculnya Tempe

MANFAAT DAN CARA MEMBUAT TEMPE enak

Tempe hadir jauh sebelum Indonesia merdeka, tempe sudah hadir di tengah-tengah kehidupan warga. Bahkan ada yang mengatakan jika tempe sudah ada sejak masa kerajaan Mataram.

Dahulu tempe menjadi makanan untuk rakyat kecil, sehingga ada istilah “mental tempe”. Istilah ini muncul karena tempe menjadi makanan rakyat kecil di masa dahulu.

Tempe juga merupakan hasil karya dari nusantara sendiri, bukan dari Cina atau yang lainnya. Tempe bahkan menyebar dan menjadi makanan bagi semua kalangan, baik rakyat kecil ataupun pejabat.

Cara Pembuatan Tempe

MANFAAT DAN CARA MEMBUAT TEMPE sejarah

Gambar 2. Olahan kedelai yang siap dibungkus

Cara membuat tempe bisa dibilang gampang-gampang susah. Bahan-bahan untuk membuat tempe juga tergolong sederhana. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu:

  • Kedelai
  • Ragi
  • Daun pisang (bisa juga dengan plastik ataupun yang lainnya)
  • Air

Sedangkan Alat yang digunakan untuk membuat tempe adalah:

  • Tampah
  • Baskom
  • Dandang
  • Saringan
  • Kompor
  • Sotel
  • Kipas angin

Setelah semua alat dan bahan terkumpul, sekarang tiba saatnya buat teman-teman untuk melihat bagaimana proses pembuatan tempe itu sendiri.

  1. Cuci bersih kedelai dengan air, lebih bagus jika kedelai dicuci dengan air mengalir.
  2. Setelah kedelai dicuci bersih, rendam kedelai dalam air kurang lebih 6 jam.
  3. Setelah direndam dan kedelai menjadi lunak, buang semua kulit yang menempel pada kedelai.
  4. Kemudian cuci kedelai dengan air sampai bersih.
  5. Sehabis dicuci bersih, rebus kedelai dengan air sampai terasa matang.
  6. Bila kedelai dirasa sudah cukup matang, taruh kedelai di atas tampah lalu bisa dikipasi dengan kipas angin agar tidak terlalu panas. Bisa juga dengan diangin-anginkan secara alami ya teman-teman.
  7. Hancurkan ragi sampai lembut kemudian taburkan ragi secara merata dengan kedelai tadi.
  8. Setelah ragi dan kedelai tercampur secara merata, kemudian bungkus adonan tempe tadi dengan daun pisang ataupun plastik. Untuk ukurannya baik tebal, tipis, panjang, pendeknya sesuai selera dari teman-teman. Pastikan semua tertutup rapat ya teman-teman, dan jangan sampai terkena sinar matahari langsung.
  9. Terakhir tinggal menunggu proses fermentasi dari kedelai menjadi tempe yang siap konsumsi ya teman-teman. Biasanya butuh waktu 2 kali 24 jam agar tempe bisa menjadi sempurna.

Nah itu tadi cara membuat tempe. Cukup sederhana bukan teman-teman. Hanya tinggal kesabaran dan ketelitian dari teman-teman agar hasil pembuatan tempe bisa menjadi sempurna.

Manfaat Tempe

MANFAAT DAN CARA MEMBUAT TEMPE

Gambar 3. Berbagai olahan tempe.

Selain murah ternyata tempe bukan barang murahan lo teman-teman. Tempe memiliki beragam manfaat, selain kaya akan protein nabati, tempe juga dapat memperkuat kalsium, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

Kandungan protein yang terkandung dalam tempe sangat tinggi bila dibandingkan dengan produk olahan berbahan kedelai lainnya, apalagi produk olahan yang diekstrak, seperti kecap.

Tempe yang mengandung jamur rhizopus sp. sangat berperan dalam memecah senyawa dalam pencernaan sehingga mudah dicerna.

Selain itu juga memiliki kegunaan atau manfaat lain seperti dapat mencegah hipertensi, memperlambat sel kanker payudara dan prostat, melangsingkan badan, serta memperlancar pencernaan.

Manfaat tempe yang lainnya adalah sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Paparan radikal bebas ke tubuh mampu membuat berbagai gangguan pada tubuh kita, bahkan bisa menyebabkan kanker.

Selain berbagai manfaat dari tempe, ternyata ada juga bahaya jika terlalu banyak makan tempe. Bagi penderita asam urat sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi tempe secara berlebih. Walaupun masih boleh mengkonsumsi tempe tetapi disarankan untuk tidak makan tempe setiap hari. Selain itu juga mungkin gangguan bagi penderita asam urat akan berbeda-beda, tergantung tingkatan dan kondisinya.

Ternyata banyak ya manfaat dari tempe itu sendiri ya teman-teman. Teman-teman bisa mendapatkan tempe di berbagai tempat, untuk tempe yang belum diolah, teman-bisa mendapatkannya di pasar tradisional, toko kelontong, dan masih banyak lagi.

Teman-juga bisa mengolah tempe menjadi berbagai macam makanan, mulai digoreng biasa, dipotong kecil-kecil terus dibakar seperti sate, ditumis, sayur dan masih banyak lagi.

Hanya dengan kisaran uang Rp 3.000 an, teman-teman sudah bisa mendapatkan tempe yang masih segar. Ada yang bisa dapat 10 biji ataupun 5 biji. Tergantung besar kecilnya ukuran tempe itu sendiri.

Apakah teman-teman termasuk dalam penggemar olahan tempe? Teman-teman bebas kok mengkonsumsi berbagai olahan berbahan tempe. Tetap perhatikan kebersihan sama kondisi tempenya ya teman-teman. Jika teman-teman memiliki pantangan untuk mengkonsumsi tempe, konsultasikan sama dokter sejauh mana teman-teman tidak boleh mengkonsumsi tempe.

Teman-teman juga jangan melupakan menu makanan yang lainnya ya, imbangi dengan makan sayur buah dan makanan-makanan bergizi lainnya.

Nah itu tadi teman-teman cara pembuatan serta ragam manfaat dari tempe. Semoga bisa menambah wawasan dari teman-teman semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *