Lancar Bahasa Inggris? Berikut 3 Komunitas yang Bikin Impian Kamu Terwujud

Belajar bahasa Inggris bagi sebagian orang memang merupakan suatu hal yang agak sulit. Apalagi, jika orang tersebut hanya mengandalkan pembelajaran di tingkat sekolah atau perguruan tinggi saja. Padahal, dengan semakin pentingnya penggunaan bahasa Inggris di era modern ini, juga semakin banyak cara yang bisa dilakukan untuk lancar bahasa Inggris.

Belajar bahasa Inggris tidak harus dilakukan di tingkat sekolah atau kampus saja. Kini semakin banyak tempat yang memfasilitasi les bahasa Inggris bagi yang benar-benar ingin menguasai bahasa Inggris. Tetapi, kebanyakan tempat les memiliki tarif yang cukup mahal.

Salah satu alternatif lain yang bisa menjadi cara kamu untuk mahir bahasa Inggris adalah menjadi anggota komunitas bahasa Inggris. Komunitas-komunitas tersebut akan memberikan dampingan sekaligus masukan untuk kamu dalam mempelajari bahasa Inggris.

Kali ini kami berikan rekomendasi 3 komunitas yang siap membantumu untuk lancar bahasa Inggris. Simak ulasannya sebagai berikut :

Komunitas Britzone

Komunitas yang pertama adalah Britzone yang berada di Perpustakaan Kemendikbud, Jakarta Selatan. Komunitas yang telah berdiri dan beroperasi sejak tahun 2002 ini mengajak kamu para pemuda untuk mewujudkan semangat dalam berbahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

Komunitas ini rutin mengadakan sharing dengan pembicara yang telah ahli dalam bidangnya masing-masing. Tetapi, di dalam kelas ini kamu diwajibkan untuk selalu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Misalnya, saat kamu hendak bertanya atau menanggapi apa yang disampaikan oleh pembicara, kamu harus menggunakan bahasa Inggris. Untuk kelas rutin dari komunitas Britzone ini sendiri diadakan setiap hari Selasa, Rabu dan Sabtu tanpa dipungut biaya. Selain belajar bahasa Inggris, kamu juga akan dibekali nilai-nilai kepemudaan, empowerment, budaya membumi.com dan masih banyak lagi.

AIESEC

Sebenarnya AIESEC ini merupakan organisasi internasional bagi pemuda yang ingin mengembangkan kemampuan kepemimpinan mereka. Tetapi, komunitas ini juga bisa kamu jadikan tempat untuk memperlancar kemampuan berbahasa Inggris.

Pasalnya, AIESEC ini terdapat di seluruh dunia, sehingga kamu berkesempatan untuk menjadi relawan di luar negeri. Jadi, selain berlatih berbahasa Inggris, kamu juga  bisa mempelajari budaya baru di luar negeri.

Toastmasters

Sama seperti AIESEC, komunitas Toastmasters juga terdapat di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri komunitas ini tidak hanya terdapat di Pulau Jawa saja, tetapi juga ada di luar Jawa. Toastmasters adalah organisasi non-profit dunia yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan skill kepemimpinan para anggota yang tergabung di dalamnya.

Kamu yang ingin menjadi anggota dan mau membayar iuran, akan mendapatkan buku kerja. Kamu bisa praktik berkomunikasi dalam bahasa Inggris sekaligus berlatih kepemimpinan dengan mengerjakan suatu tugas.  Setelah itu, akan diumumkan hasil dari setiap tugas secara langsung. Juga akan diumumkan peserta dengan jawaban terbaik, pembicara terbaik dan evaluator terbaik.

Dengan tergabung bersama tiga komunitas di atas, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk belajar bahasa Inggris sekaligus mendapatkan banyak ilmu dalam berorganisasi dan kepemimpinan. Jika kamu tidak memiliki cukup waktu untuk bergabung dengan komunitas tersebut, kamu bisa memanfaatkan komunitas bahasa Inggris yang ada di kampus.

Hampir setiap kampus biasanya memiliki unit kegiatan mahasiswa dalam bidang bahasa Inggris. Baik itu komunitas public speaking, debat bahasa Inggris atau komunitas lain yang sejenis. Komunitas yang berada di dalam kampus biasanya juga mengajak kamu untuk belajar menjalankan organisasi tersebut. Jadi, kamu tidak hanya mampu lancar bahasa Inggris saja, tetapi juga belajar berorganisasi dengan baik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *