Cara Membandingkan Kaos Polos Bamboo dengan Kaos Polos Combed

Belakangan  ini, banyak ditemukan kaos dengan bahan yang bermacam-macam seperti cotton combed, cotton carder, cotton vicose, cotton bamboo, hyget dan polyester. Dibawah ini akan diulas mengenai cara membandingkan kaos polos bamboo dengan kaos polos combed.

Sebelum memilih kaos polos sebaiknya anda memiliki kemampuan atau pengetahuan mengenai jenis dan bahan kaos. Mari dipelajari beberapa hal di bawah ini yaitu tentang karakteristik dan komposisi pembuatan kedua bahan tersebut hingga akhirnya dapat dijadikan bahan pakaian.

Bahan Cotton Bamboo

Image Source: bp.blogspot.com
  • Sesuai namanya, cotton bamboo terbuat dari campuran kapas dan serat bamboo yang diproses sedemikian rupa, dipintal saling silang sehingga menghasilkan bahan kain yang tipis namun mampu menyerap keringat dengan tinggi
  • Jenis bahan ini merupakan produk yang ramah lingkungan karena terbuat dari bahan alami yang sifat dasarnya mampu terurai dengan cepat dan juga tersedia dalam jumlah tidak terbatas mengingat stok pohon bambu masih melimpah di sekitar lingkungan kita.
  • Karakteristik bahan yang satu ini terbilang bagus karena serat kainnya tipis, ringan, lembut dan elastis. Jika digunakan sebagai bahan kaos, cotton bamboo bisa dikatakan produk berkualitas premium sehingga harganya juga relatif mahal.
  • Cotton bamboo juga merupakan jenis kain yang cocok untuk penderita alergi karena bambu pada dasarnya adalah tanaman yang mengandung anti bakteri tinggi. Dengan serat kain yang lembut, cotton bamboo menyerap keringat dan sinar UV lebih sedikit.
  • Hal yang paling penting dalam membandingkan kaos polos bamboo dengan kaos polos combed adalah masa pemakaiannya. Cotton bamboo dapat bertahan lebih lama dan awet karena terbuat dari serat yang kuat dan mengandung anti bakteri.

Bahan Cotton Combed

  • Bahan ini terbuat dari 100% kapas alami yang disisir dengan alat khusus untuk kemudian dipintal menjadi benang dan diproses menjadi kain. Bahan kapas ini pada dasarnya terasa lembut namun kuat sehingga banyak digunakan dalam pembuatan kaos polos.
  • Karakteristik cotton combed lebih kepada kain yang halus, lembut, terasa dingin saat digunakan, dan mampu menyerap keringat dengan baik sehingga sangat cocok untuk dikenakan di daerah yang beriklim tropis.
  • Bahan cotton combed terdiri dari beberapa tingkatan kualitas. Yaitu 20s, 24s, 30s dan 40s. semakin besar angkanya, maka kualitas kainnya akan semakin tipis dan semakin halus. Dan yang pasti, semakin besar angkanya, harga kaosnya juga akan semakin mahal.
  • Bahan cotton combed ini merupakan bahan yang populer dipakai oleh konveksi kaos. Harganya lebih murah dibandingkan dengan cotton bamboo, namun dari segi kualitas cotton combed tidak kalah bagus dari pada cotton bamboo.

Kekurangan bahan cotton combed ini adalah ketika sudah pemakaian yang terlalu lama, bahan ini akan cepat rusak dan mudah berjamur ketika diletakkan di tempat yang lembab.

Kaos merupakan jenis pakaian yang dapat digunakan oleh segala macam usia. Dari anak-anak hingga orang dewasa kini mulai terbiasa menggunakan kaos untuk segala macam keperluan bahkan untuk acara formal sekalipun.

Makin banyaknya ide dan kreativitas masyarakat yang bermunculan, bahan pembuatan kaospun semakin variatif. Jika dahulu anda hanya mengenal kapas sebagai bahan utama pembuatan benang yang nantinya diproses menjadi kain, kini muncul olahan serat bambu yang juga dapat diolah menjadi pakaian.

Itulah tadi beberapa pengetahuan dasar mengenai cara membandingkan kaos polos bamboo dengan kaos polos combed. Setiap bahan kaos memiliki karakteristik dengan keunggulan dan kelebihan tersendiri yang bisa anda gunakan sebagai bahan pertimbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *