8 Hal yang Menyebabkan Sulit Hamil

Anak bisa disebut sebagai sebuah berkah yang sangat luar biasa dalam bahtera rumah tangga. Kehadiran anak dalam sebuah pernikahan tidak hanya akan melengkapi kebahagiaan rumah tangga setiap pasangan suami istri, tapi anak juga bisa menjadi penguat hubungan rumah tangga.

Lucunya, imutnya dan tingkah anak menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Untuk itulah setiap orang khsusunya bagi mereka yang telah berumah tangga sangat berharap untuk bisa mendapatkan anak.

Tapi seperti yang kita ketahui tidak setiap pasangan suami istri bisa mendapatkan keinginan terbesar dalam rumah tangga mereka. Ya, tidak semua pasangan yang telah menikah bisa dengan cepat mendapatkan anak, bahkan tidak sedikit diantara mereka yang bahkan telah melakukan berbagai cara hingga metode agar bisa cepat hamil.

Seperti kata pepatah “tidak ada asap jika tidak ada api”, artinya pasangan suami istri yang tidak bisa mendapatkan kehamilan pasti ada penyebabnya. Ya, seperti dalam hidup setiap kendala hingga masalah yang terjadi pada kehidupan kita pasti ada penyebabnya.

Menurut para pakar kesehatan dan kehamilan, salah satu penyebab pasti seseorang tidak bisa punya anak itu dikarenakan masalah kesuburan. Seperti yang kita ketahui, kesuburan adalah hal yang paling berpengaruh dalam kehamilan, bahkan bisa dikatakan jika kesuburan adalah hal yang menentukan hamil tidaknya seorang wanita.

Nah, jadi bisa dikatakan gangguan pada kesuburan adalah salah satu hal yang menyebabkan sulit hamil.

Tapi gangguan pada kesuburan seseorang juga bisa disebabkan banyak hal, seperti usia yang semakin menua yang secara alami juga akan mempengaruhi produksi sel-sel telur yang prima dan gaya hidup yang buruk atau tidak sehat. Seperti sering mengkonsumsi minuman beralkohol, merokok, narkoba hingga pola makan yang buruk.

Namun, selain faktor-faktor tersebut masih ada 8 penyebab lainnya yang membuat seorang wanita sulit hamil. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom ovarium polikistik adalah sebuah gangguan hormon yang terjadi pada wanita yaitu hormon pria dalam dirinya lebih banyak ketimbang hormon wanitanya. Kondisi seperti ini akan membuat wanita lebih memiliki banyak rambut yang tumbuh pada tubuhnya khususnya pada tangan dan kaki.

Namun gangguan hormon seperti ini juga menjadi salah satu penyebab wanita sulit hamil. Pasalnya hormon pria yang lebih dominan akan mengganggu siklus menstruasi bahkan mengganggu ovulasi pada wanita yang menyebabkan mereka sulit hamil.

2. Menophause Dini

Menoohause bisa disebut sebagai kondisi yang alami bagi setiap orang saat usianya sudah tidak muda lagi. Namun yang mengejutkan pakar kesehatan baru-baru ini menemukan fakta jika menophause tidak hanya bisa terjadi pada mereka yang sudah berusia sangat dewasa tapi juga bisa terjadi pada mereka yang masih berusia muda.

Menophause dini bisa disebut menjadi kondisi menakutkan bagi setiap orang karena masalah ini akan membuat tubuh mengalami penuaan di usia yang masih muda hingga ke organ reproduksi yang dapat menyebabkan Anda sulit hamil. Pasalnya saat menophause siklus mensteruasi akan berhenti yang juga menjadi tanda jika fungsi ovarium untuk menghasilkan sel-sel telur untuk dibuahi oleh sperma berhenti. Karena tidak lagi memproduksi sel telur maka tentu kehamilan tidak akan terjadi.

Menurut para pakar ada banyak penyebab menophause dini menyerang mereka di usia muda, salah satunya adalah paparan radiasi yang membuat sistem kekebalan tubuh menurun drastis.

3. Endometriosis

Endometriosis merupakan peradangan pada hormon yang menyebabkan jaringan endometrium tumbuh pada bagial luar rahim. Dalam kondisi normal endometrium itu seharusnya tumbuh tempat di bagian rahim, namun akibat pengaruh hormon jaringan tersebut justru tumbuh di bagial luar rahim.

Kondisi seperti ini juga menjadi penyebab yang menghalangi wanita mendapatkan kehamilan. Pasalnya jaringan tersebut akan merusak organ reproduksi wanita, mulai dari indung telur, saluran telur, rahim, sel telur bahkan sperma.

Namun kondisi seperti ini tidak seperti kanker, namun tetap saja para pakar kesehatan dan kehamilan sangat menganjurkan agar Anda bisa mengatasinya karena dapat menyebabkan kondisi yang berbahaya.

4. Penyumbatan Saluran Telur

Saat saluran telur tersumbat maka hal tersebut tentu akan menyulitkan wanita untuk hamil. Penyumbatan saluran telur atau tuba disebabkan oleh peradangan pada saluran tuba akibat infeksi penyakit khususnya pada penyakit-penyakit menular seksual.

Namun selain itu kerusakan pada sel telur wanita juga bisa dikarenakan akibat radang panggung atau operasi.

5. Kerusakan Pada Ovarium

Ovarium pada organ reproduksi wanita sangat berpengaruh terhadap kehamilan. Saat ovarium mengalami kerusakan maka hal tersebut akan menyebabkan wanita sulit hamil. Kerusakan pada ovarium bisa dikarenakan akibat operasi kista. Hal inilah salah satu alasan beberapa orang percaya operasi kista akan membuat mereka sulit mendapatkan kehamilan.

6. Gangguan Pada Tiroid

Tiroid merupakan kelenjar yang ada pada bagian depan leher. Kelenjar ini saat terjadi gangguan juga bisa menyebabkan sulit hamil yang diakibatkan kelenjar tiroid abnormal atau tidak aktif sehingga mengakibatkan masalah yang serius pada ovulasi.

7. Adhesi Pelvis

Adhesi pelvis adalah sebuah jaringan yang terbentuk setelah melalui operasi pada daerah panggul atau usus buntu. Jaringan ini mengakibatkan wanita sulit hamil karena jaringannya menghalangi saluran tuba sehingga membuat perjalanan yang sulit pada sel telur wanita.

8. Pengobatan Kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan yang diobati dengan berbagai jenis terapi, mulai dari kemo hingga radioterapi. Sayangnya pengobatan seperti ini juga menjadi hal yang menyebabkan sulit hamil. Pasalnya terapi dengan radiasi atau kemo memberikan banyak efek samping pada sistem reproduksi.

Sudah banyak penelitian yang menyebut jika mereka yang melakukan terapi seperti ini memiliki sistem reproduksi yang bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *