cara mengendalikan kuda liar

Cara Mengendalikan Kuda Liar

Pada umumnya, kesetiaan seekor kuda benar-benar terkait pada style pelatihan atau penjinakan yang ia terima. Kuda yang mengikuti pimpinannya atas basic rasa hormat jauh lebih menggembirakan daripada kuda yang mengikuti pimpinannya gara-gara rasa takut. Ikuti sejumlah tips selanjutnya ini untuk mengembangkan ikatan kepercayaan bersama dengan kuda Anda pas menjinakkannya.

Cara Mengendalikan Kuda Liar

1. Dapatkan kepercayaan kuda

Memiliki interaksi teristimewa bersama dengan kuda adalah perihal yang wajib untuk meraih kepercayaannya, agar Anda sanggup melatihnya di sesudah itu hari. Luangkan pas bersama dengan kuda Anda tiap-tiap hari, mulailah bersama dengan mendekati dan melaksanakan perawatan grooming padanya. Grooming menopang Anda membuka bersama dengan si kuda dan mengembangkan ikatan di pada kalian berdua. Bekerjalah di dekatnya di ladang, berikan ia pas untuk mengembangkan rasa yakin pada diri Anda. Berbicaralah dengannya dan tenangkan dirinya jikalau ia was-was pada sesuatu.

Kuda adalah hewan mangsa, agar ringan takut. Jika kuda Anda tidak tumbuh besar di dekat manusia, ia barangkali was-was pada orang.

Jika kuda Anda benar-benar muda untuk dilatih, segeralah membiasakan kuda bersama dengan kehadiran manusia untuk meraih kepercayaannya.

Anda wajib menyempatkan banyak pas untuk meraih kepercayaan kuda sebelum akan mulai melatihnya.

2. Berlatihlah bersama dengan aman

Kuda adalah hewan kuat yang sanggup membuat banyak kerusakan. Saat melatih kuda, pastikan Anda sendiri aman. Tetaplah berada di daerah yang memungkinkan kuda lihat Anda. Jika Anda wajib berpindah ke daerah yang lepas berasal dari pandangannya, belai kuda pada segi tubuhnya agar ia paham ke mana Anda pergi.

Lokasi paling baik untuk berdiri adalah di sebelah kiri tubuh kuda, sejajar bersama dengan telinganya, sambil mengarah ke kepalanya. Titik ini adalah titik termudah bagi kuda untuk lihat Anda.

Berbicaralah pada kuda Anda pas Anda lepas berasal dari pandangan matanya. Hal ini menopang ia paham di mana Anda berada.

Jangan berjalan di belakang kuda Anda. Jangan juga berdiri pas di depannya.

Jangan berlutut atau duduk di lebih kurang kuda. Saat Anda mengurus anggota kukunya, membungkuklah alih-alih berjongkok.

3. Jinakkan kuda selangkah demi selangkah

Menjinakkan kuda adalah sistem yang lambat. Anda wajib membiasakan tiap-tiap langkahnya sebelum akan berpindah ke cara selanjutnya. Saat Anda melatih kuda, tiap-tiap rancangan baru yang Anda perkenalkan wajib berdasarkan rancangan di awalnya yang udah Anda ajarkan. Ingat, pastikan kuda benar-benar mengembangkan sebuah kebiasaan, gara-gara jikalau tidak, ia tidak bakal benar-benar terlatih.

Jangan pernah menyerah. Beberapa cara barangkali lebih ringan dikerjakan bagi kuda Anda daripada cara lainnya. Menjinakkan kuda memerlukan komitmen yang kuat.

Akhiri tiap-tiap sesi belajar bersama dengan kesuksesan. Bahkan jikalau kemajuannya cuma sedikit, bila kuda selanjutnya membebaskan Anda mendekatkan kalung di dekat wajahnya, pastikan Anda mengakhiri sesi latihan bersama dengan baik.

4. Jangan pernah marah pada kuda

Jangan pernah meneriaki, memukul, melemparkan barang kepadanya, atau bertindak secara agresif. Hal ini sanggup menakuti kuda dan menghancurkan kepercayaannya pada diri Anda. Berbicaralah pada kuda bersama dengan nada yang tenang dan nada yang pelan.

Jika kuda membangkang, tegur ia bersama dengan tenang tanpa membuktikan agresi. Cobalah memanfaatkan bunyi “shh” untuk memberitahu kuda bahwa ia sedang melaksanakan suatu perihal yang salah.

Peringatan

Waspadalah tetap dan mencermati bahasa tubuh kuda. Jika kuda mobilisasi telinga atau kaki depannya, tenangkan dirinya. Atau, berikan ia sesi istirahat. Mungkin ini artinya ia penat dan mulai teriritasi, panik, atau bingung. Ingat, Anda wajib waktu, bukan kekuatan paksa.

Kuda terima anjuran berasal dari emosi serta bahasa tubuh Anda. Jika Anda tegang dan cemas, kuda juga bakal layaknya itu.

Berhati-hatilah di lebih kurang kuda bersama dengan telinga yang menempel. Kuda bersama dengan telinga yang mengarah ke belakang artinya ia sedang mendengarkan suatu hal di belakangnya; tetapi jikalau telinga ini menempel pada kepalanya, ia sedang frustrasi dan siap menggigit atau menakuti pihak lain – baik Anda atau kuda lainnya.

Kuda tidak siap ditunggangi hingga ia berusia 2 tahun. Jika Anda mulai menunggangi kuda sebelumnya, kuda sanggup cedera seumur hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *