Cara Membuat Surat Kuasa Khusus

Surat kuasa merupakan salah satu bentuk surat yang di dalamnya terdapat pelimpahan wewenang dari pemberi kuasa kepada orang lain yang dapat dipercaya.

Contohnya adalah memberi surat kuasa kepada anggota keluarga atau pun orang lain yang dapat diberi amanah untuk mengerjakan kewajiban dari pemberi surat kuasa.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengetahui cara membuat surat kuasa khusus.

Dengan demikian Anda dapat mengetahui syarat- syarat yang harus dilengkapi jika sewaktu – waktu Anda membutuhkannya untuk mewakilkan nurisan Anda kepada orang yang Anda percaya.

Cara Membuat Surat Kuasa Khusus

Surat kuasa memiliki banyak fungsi, antara lain adalah sebagai bukti tertulis bahwa pihak pemberi kuasa memberikan wewenang kepada orang yang dipercaya sebagai penerima kuasa yang akan menjalankan kewajiban Anda.

Berikut ini adalah beberapa informasi penting yang dapat Anda jadikan sebagai salah sumber referensi bagi Anda yang akan membuat surat kuasa:

1. Jenis Surat Kuasa

Sumber Gambar: detik.com

Sebelum Anda membuat surat kuasa makan Anda dianjurkan untuk mengenal berbagai macam jenis surat kuasa.

Anda dapat membuka website celtics town untuk mencari referensi berbagai macam jenis surat kuasa yang Anda butuhkan.

Ada dua jenis surat kuasa, yaitu surat kuasa formal dan non formal.

Surat kuasa formal adalah salah satu jenis surat kuasa yang di dalamnya dibubuhkan materai beserta saksi yang dapat memperkuat surat kuasa.

Surat kuasa non formal merupakan surat kuasa yang format pembuatannya sama dengan surat kuasa formal. Namun, perbedaannya adalah tidak menggunakan materai.

2. Prosedur dan tata cara membuat surat kuasa

Sumber Gambar: kampusious.com

Berikut ini adalah cara membuat surat kuasa khusus yang harus Anda ketahui:

  • Surat kuasa dibuat tanpa adanya unsur pemaksaan
  • Apabila Anda membuat surat kuasa perseorangan maka tidak membutuhkan nomor surat. Lain halnya jika Anda membuat surat kedinasan yang bersifat formal maka perlu dicantumkan nomor surat.
  • Surat kuasa yang ditujukan untuk mengambil gaji, pensiun atau hal lain yang sifatnya sangat penting maka Anda dapat mempercayakan kepada anggota keluarga terdekat seperti anak, cucu, adik, kakak dan lain – lain.
  • Kedua belah pihak baik pemberi maupun penerima surat kuasa hendaknya orang dewasa atau cukup umur, sehat jasmani dan rohani.
  • Mencantumkan identitas pemberi dan penerima surat kuasa secara jelas dan lengkap. Contohnya adalah nama, alamat dan lain – lain.
  • Mencantumkan tujuan dan alasan yang jelas di dalam surat kuasa
  • Terdapat tanda tangan dari pihak pemberi dan penerima surat kuasa di atas materai agar surat kuasa tersebut sah.
  • Mencantumkan nomor pokok wajib pajak dari pemberi dan penerima surat kuasa
  • Apabila surat kuasa yang bersifat kedinasan maka membutuhkan stempel dari instansi maupun lembaga yang bersangkutan.

3. Surat kuasa khusus beserta contohnya

Sumber Gambar: rocketmanajemen.com

Salah satu contoh surat kuasa khusus adalah surat kuasa khusus tentang hukum seperti kasus surat gugatan tanah atau tentang surat kuasa khusus wajib pajak dan lain – lain.

Di dalam surat tersebut tercantum secara jelas dan lengkap mengenai hal – hal yang harus diperhatikan oleh orang yang mendapatkan surat kuasa khusus, yaitu seperti berikut ini:

  • Surat kuasa khusus hanya dapat dipakai untuk melaksanakan 1 kewajiban
  • Penerima surat kuasa khusus tidak dapat memberikan kuasa kepada orang lain
  • Orang yang menjadi penerima surat kuasa khusus harus menunjukkannya saat menjalankan kewajiban yang telah dilimpahkan kepadanya.

Adanya surat kuasa khusus memberikan banyak manfaat bagi Anda yang tengah sibuk dengan aktivitas sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mengurusnya.

Dengan demikian Anda dapat mewakilkannya kepada orang yang Anda percaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *