Cara Membersihkan Rantai Motor

cara membersihkan rantai motor

Ketika kamu mempunyai motor bebek, ada suatu hal yang harus kamu lakukan selain dari merawat mesin. Yaitu menjaga kebersihan dari gir dan rantai dengan cara Membersihkan Rantai Motor secara teratur.

Jika motor bebek yang kamu miliki bisa kamu rawat dengan benar, dan juga menjaga atas kebersihan dari rantai yang kotor, maka usia sepeda motor yang kamu miliki akan bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Nih, rantai motor yang kotor dapat mengakibatkan penurunan pada performa dan juga pada efisiensi mesin motor itu sendiri, pengeluaran tenaga yang dihasilkan oleh mesin pun akan terhambat, ditambah suara berisik yang didapat dari rantai motor bisa mengurangi kenyamanan kita ketika sedang mengendarai motor tersebut.

Maka dari itu, merawat motor itu bukan hanya pada bagian mesinnya saja, akan tetapi bagian luar mesinnya pun harus kita perhatikan, misal seperti merawat komponen rantai dan gir dengan benar.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk membersihkan rantai motor yang kotor karena terkena debu jalanan? Sebenarnya, membersihkan rantai motor ini tidak ada standarisasi kapan waktu yang tepat untuk menghilangkan kotoran yang ada pada rantai tersebut.

Saya sendiri selaku pengguna motor bebek selalu membersihkan rantai secara rutin, yaitu dalam waktu seminggu sebanyak 2 kali. Kenapa? Karena saya peduli atas kebersihan dari komponen yang terletak di dalam motor saya.

Dan yang terpenting itu ialah segera bergegas mengambil peralatan untuk membersihkan rantai yang permukaannya sudah terlihat kotor.

Disini, saya akan sedikit memberikan pengetahuan tentang bagaimana Cara Membersihkan Rantai Motor yang baik dan benar agar selalu terlihat bersih, serta terlindungi dari karat yang menempel pada permukaan rantai tersebut.

Karena kebersihan dari rantai motor ini bisa memberikan kenyamanan ketika kita sedang mengendarai kendaraan tersebut. Oleh karena itu, langsung saja mari kita simak ulasan di bawah ini.

PERALATAN

Pertama-tama yang harus kamu siapkan sebelum membersihkan permukaan rantai yang kotor ialah, menyiapkan peralatan tempur untuk menghilangkan noda-noda yang ada pada rantai motor.

Berikut daftar peralatan yang harus kamu siapkan:

  • Cairan pembersih rantai
  • Sikat gigi & kuas
  • Kain lap
  • Kardus bekas

CARA MEMBERSIHKAN RANTAI MOTOR

Perlu kamu ketahui, membersihkan rantai motor itu sebenarnya bukan perkara yang susah dan gampang sekali untuk kita praktekan sendiri di rumah. Maka dari itu, mari langsung saja kita perhatikan tata Cara Membersihkan Rantai Motor yang sudah saya cantumkan di bawah ini.

Memanaskan Mesin Motor

Memanaskan mesin motor sebelum melakukan pembersihan rantai pada motor itu penting, kenapa? Karena hal ini bisa membuat komponen rantai menjadi hangat dan juga bisa memudahkan ketika sedang proses pembersihan rantai tersebut.

Tempelkan Kardus Bekas

Kardus bekas ini bisa kamu tempel pada bagian belakang rantai motor, tepatnya di bagian arm nya, karena kegunaan dari kardus bekas ini bisa melindungi kotoran agar tidak meluber kemana-mana.

Menyikat Permukaan Lantai

Sikat permukaan rantai tersebut dengan menggunakan kuas atau sikat gigi bekas. Kenapa hal ini harus dilakukan? Karena bisa membersihkan kotoran-kotoran debu dan sisa cairan pelumas yang menempel pada permukaan rantai tersebut.

Semprot Cairan Pembersih Rantai

Apabila kamu sudah selesai menyikat permukaan rantai hingga bersih, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah ‘menyemprot’ cairan pembersih rantai pada permukaan rantai yang sudah kamu bersihkan.

Semprotkan cairan pembersih rantai itu secara merata ke seluruh permukaan rantai sambil memperhatikan bagian sambungan dan persendian rantai. Oh iya, apabila masih terdapat kotoran yang menempel di sela-sela atau permukaan rantai, kamu bisa langsung membersihkan nya dengan menggunakan lap.

Bilas Menggunakan Air Bersih

Setelah memeriksa seluruh permukaan rantai, dan ternyata permukaan rantai dan sela-selanya ternyata sudah bersih dari kotoran, kamu bisa langsung membilas rantai motor dengan menggunakan air yang bersih.

Pastikan kamu membilas rantai tersebut dengan tekanan air yang sangat tinggi, sehingga kotoran-kotoran yang menempel akan hilang.

Mengeringkan Rantai Motor

Setelah rantai motor kamu di bilas sampai bersih, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah ‘membiarkan rantai tersebut hingga kering’. Kenapa? Karena untuk memastikan bahwa tidak ada lagi air yang mengendap di permukaan rantai dan sela-selanya.

Berikan Pelumas Rantai Motor

Ketika rantai motor yang kamu bilas sudah benar-benar kering, maka kamu bisa menyemprotkan pelumas pada permukaan rantai, semprot kan pelumas tersebut secara merata supaya bisa menghasilkan kualitas yang baik pada rantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *