Cara Ganti Oli Gardan Motor Matic

cara ganti oli gardan
otojurnalisme.com

Ganti oli gardan secara rutin merupakan salah satu perawatan motor matic yang tidak boleh dilewatkan oleh pemilik kendaraan tersebut. Pasalnya, oli gardan ini bekerja untuk melumasi setiap bagian transmisi yang letaknya pada gear box, sehingga ketika kamu kendarai akan selalu merasa nyaman. 

Sayangnya, banyak dari pemilik motor matic yang beranggapan bahwa oli gardan ini tidak perlu diperhatikan karena setahu mereka cairan yang melumasi bagian gear box transmisi ini hanya diganti selama 1 tahun sekali, dan tidak mengetahui dimana letak tempat oli gardan ini.

Perlu kamu ketahui, tempat oli gardan letaknya berada di dalam Gear Box motor matic dan tidak akan terbakar secara langsung seperti oli yang berada di dalam mesin. Oleh karena itu, hal inilah yang membuat warna dari oli gardan selalu bening walaupun sudah lama digunakan untuk melumasi komponen pada gear transmisi.

Walaupun seperti itu, bening nya warna dari oli gardan ini tidak akan menjamin kualitas dari cairan oli tersebut akan selalu tetap terjaga, kenapa? Karena setiap motor matic yang selalu digunakan akan menurunkan kadar kualitas kekentalan dari oli tersebut.

Apabila oli gardan tersebut tidak segera diganti dengan yang baru, maka nantinya kamu akan mendengar suara berisik yang terjadi di dalam gear box tersebut. 

Dan bila hal tersebut masih saja dibiarkan dalam kurun waktu yang cukup lama, maka transmisi motor akan rusak dan biaya menggantinya lumayan cukup mahal. Oleh karena itu kamu harus mengganti oli gardan secara rutin (tepat pada waktunya).

Jarak Ganti Oli Gardan

Oli gardan memang sangat wajib untuk diganti dengan yang baru secara rutin, namun waktu untuk penggantian oli gardan ini tidak harus sama seperti penggantian oli yang berada di dalam mesin.

Kenapa? Pasalnya pelumas gardan ini tidak mendapati pembakaran secara langsung seperti oli yang berada di dalam mesin. Maka dari itu, kamu bisa mengganti oli gardan setiap 6.000 km atau setelah tiga kali penggantian oli mesin.

Bagi kamu yang sibuk karena keterbatasan waktu senggang sehingga tidak bisa pergi ke bengkel untuk mengganti oli gardan, tidak usah khawatir karena kamu sendiri pun masih tetap bisa menggantinya.

Bagaimana caranya? Sementara saya tidak bisa melakukannya, gampang! Karena berikut ini akan ada paragraf yang menjelaskan bagaimana cara ganti oli gardan yang baik dan benar.

Oleh karena itu jangan dulu kemana-mana, simak dulu tutorial di bawah ini yang sudah diberikan oleh otomodiv

Menyiapkan Peralatan

Sebelum menggantinya, kamu harus sudah memastikan peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk membongkar bagian tutup oli yang tempatnya terletak di bagian gear box.

Jika peralatan tersebut belum siap, kamu bisa langsung menyiapkan beberapa peralatan yang saya sebutkan di bawah ini:

  • Tempat untuk menampung oli bekas
  • Kunci T ukuran 12 atau kunci pas dengan ukuran yang sama
  • Oli gardan yang baru dibeli di bengkel

Setelah semua peralatan sudah terkumpul, kamu bisa langsung mengganti oli gardan tersebut.

Tapi kak bagaimana cara menggantinya? Baik, mungkin sebagian dari kamu ada yang belum mengetahui bagaimana cara ganti oli gardan, oleh karena itu jangan dulu kemana-mana, lanjutkan untuk menyimak ulasan di bawah ini.

Cara Ganti Oli Gardan

Awal mula yang harus kamu lakukan sebelum mengganti oli gardan itu ialah:

  1. Parkirkan terlebih dahulu motor matic yang ingin kamu ganti oli gardan nya. Karena kondisi mesin yang hangat akan memudahkan proses pengurasan oli gardan, maka dari itu panaskan terlebih dahulu mesin motor selama 5-10 menit sebelum membuka baut yang menempel pada bagian gear box.
  2. Setelah mesin motor terasa hangat, kamu bisa langsung membuka baut pembuangan oli gardan yang berada di bawah gear box motor matic yang kamu miliki. Oh iya, jangan lupa juga untuk memberikan tempat/wadah untuk menampung oli gardan yang akan dibuang.
  3. Bila baut pembuangan sudah dibuka, sebelum memasukan oli gardan yang baru alangkah baiknya diamkan sejenak supaya oli yang berada di dalam gear box itu bisa bersih secara maksimal.
  4. Jika sudah terkuras semuanya, kamu bisa mengambil gunting atau pisau untuk memotong kepala botol oli gardan yang baru kamu beli. Setelah itu, kamu langsung memasukan oli gardan tersebut pada tempatnya dengan cara diremas-remas hingga seluruh cairan pelumas yang ada di dalam botol itu habis.
  5. Langkah terakhir setelah memasukkan oli gardan pada tempatnya ialah ‘memastikan lubang yang ditutup oleh baut itu benar-benar tertutup rapat atau tidak’ Jika sudah tertutup rapat dan tidak ada kebocoran, maka proses ganti oli gardan untuk motor matic yang kamu miliki sudah selesai.

Demikian penjelasan mengenai Cara Ganti Oli Gardan yang dilengkapi dengan penjelasan penting lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *