5 Cara Cepat & Tepat Mempelajari Grammar Bahasa Inggris, Berani Coba?

Mempelajari bahasa Inggris memang susah-susah gampang. Salah satu tantangan yang sering menjadi momok orang yang sedang belajar bahasa Inggris adalah dalam belajar grammar. Setiap bahasa pasti memiliki grammar atau tata bahasa yang digunakan dalam membentuk susunan kata agar memiliki makna tertentu saat diucapkan.

Grammar juga terdapat di dalam bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional saat ini. Sehingga, setiap orang harus memahami grammar agar bahasa Inggris yang diucapkan lebih tertata. Meskipun banyak yang menganggap grammar itu kurang penting, tetapi bisa kita bayangkan saat berbicara dengan orang menggunakan bahasa Inggris tanpa memperhatikan grammar.

Bukan tidak mungkin orang tersebut justru merasa kebingungan dengan apa yang kita bicarakan. Oleh karena itu, mempelajari grammar menjadi sangat penting. Dengan tujuan agar orang yang kita ajak bicara dapat menangkap maksud dari apa yang kita ucapkan dengan tepat.

Berikut ini kami berikan tips-tips belajar grammar yang mudah untuk dilakukan :

Pahami Hal yang Paling Mendasar Terlebih Dahulu

Belajar bahasa Inggris tentu harus bertahap dimulai dari pelajaran yang paling mendasar terlebih dahulu. Coba pelajari materi verb, adverb, noun, adjective, phrase, clause dan sebagainya sampai paham. Materi tersebut akan menjadi pondasi agar kamu lebih mudah dalam mempelajari ke tingkat selanjutnya yang lebih sulit.

Pahami Tiga Dasar dalam Tenses

Masih berada di dalam dasar, ada tiga hal dasar yang perlu kamu pahami dan ingat selalu dalam mempelajari grammar. Tiga dasar tersebut adalah present tense, past tense dan future tense. Setelah kamu memahami pola kalimat dari tiga dasar tenses tersebut, barulah kamu beranjak untuk mempelajari pola tenses yang lain.

Dalam mempelajari tenses yang lainnya pun lebih baik jika kamu lakukan satu per satu. Lebih baik kamu mempelajari satu pola sampai benar-benar paham daripada mempelajari banyak pola sekaligus tetapi setengah paham.

Perbanyak Membaca dan Menulis dalam Bahasa Inggris

Dengan membiasakan diri membaca buku atau artikel berbahasa Inggris, kamu akan memahami berbagai bentuk kalimat yang bisa kamu pahami. Jika terdapat kosa kata yang kurang dipahami, kamu bisa membuka kamus untuk mencari artinya.

Dengan begitu, kamu dapat memperbanyak kosa kata di dalam bahasa Inggris. Selain membaca, kamu juga bisa menguji pemahaman kamu dalam struktur kalimat bahasa Inggris dengan latihan menulis cerita. Cerita sederhana seperti pengalaman masa lampau bisa menjadi tolak ukur kamu dalam memahami grammar.

Banyak Praktik Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris

Cara yang satu ini terbilang ampuh bagi seseorang yang ingin mengembangkan kemampuannya dalam berbahasa Inggris. Kamu bisa mencari teman yang siap menjadi mentor kamu dalam mempraktikkan kemampuan berbahasa Inggris milikmu.

Tentu saja orang tersebut yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang lebih baik agar bisa mengoreksimu. Kunci utama dalam praktik berkomunikasi dalam bahasa Inggris adalah ‘jangan takut salah’. Dengan kesalahan tersebut, kamu bisa mengulang materi agar tidak sampai salah lagi kedepannya.

Manfaatkan Teknologi

Saat ini banyak aplikasi yang bisa membantu kamu untuk belajar bahasa Inggris. Aplikasi tersebut dapat kamu gunakan dengan mudah baik di smartphone atau komputer untuk mengecek benar tidaknya kalimat yang telah kamu susun.

Belajar grammar adalah salah satu fokus penting dalam menguasai bahasa Inggris. Dengan tujuan agar orang yang kita ajak bicara dapat menangkap maksud dari apa yang kita ucapkan dengan tepat. Memang tidak mudah, tetapi dengan menggunakan lima tips di atas semoga bisa membuat belajarmu menjadi lebih mudah dan seru.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *